Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Langkah demi Langkah: Cara Menginstal Pintu Akses dengan Benar

Seperti yang sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya yang masih terdapat di blog ini. Kenapa kita membutuhkan sistem keamanan untuk rumah kita? (Silahkan baca disini). Tentu keamanan adalah faktor terpenting untuk menjaga aset - aset berharga kita.

Materi yang akan kita bahas terkait dengan sistem keamanan rumah kita pada artikel kali ini yaitu mengenai cara pasang atau installasi akses door. Berikut tahapan tahapan serta langkah - langkah yang harus kita lakukan.

Mempersiapkan Bahan dan alat untuk Installasi Pintu

Berikut akan kita bahas alat dan bahan apa saja sebagai pendukung untuk installasi sebuah sistem akses door agar berfungsi dengan baik.

1. Magnet Lock


Magnet lock berfungsi sebagai perangkat yang mengunci dengan cara kerjanya melekat pada bagian besi baja yang di pasang berhadapan.

2. Bracket + Besi Baja


Braket disini berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan magnet dan besi.

Braket untuk dudukan besi baja di pasang seperti huruf "s", braket ini memiliki permukaan yang tidak rata dan berjumlah 2 keping besi siku, berbeda dengan braket magnet lock memiliki permukaan rata dan hanya 1 keping di dalam paket pembelian.

3. Rangkaian Backup Batre + Batre


Fungsi dari rangkaian ini adalah sebagai charger yang dapat memberikan ketahanan pada batre agar batre dapat bekerja sebagaimana mestinya yaitu tetap mampu menyuplai tegangan ke perangkat finger print, magnet lock dan tombol exit atau dengan kata lain batre berfungsi sebagai pengganti arus listrik ketika suplai listrik PLN rangkaian dan sistem akses door tetap bekerja.

4. Tombol Exit



Tombol exit berfungsi sebagai switch pemutus arus yang didistribusikan ke magnet lock, ketika magnet lock tidak mendapatkan suplai arus maka perangkat ini tidak bekerja dan besi baja yang dipasang dengan posisi berhadapan dengan magnet lock tidak dapat melekat dan pintu akan mudah terbuka.

5. Finger Print



Rangkaian atau perangkat ini merupakan perangkat yang mengontrol semua sistem agar dapat bekerja. Disinilah seluruh program di aktivasi baik password, card maupun finger di registerasi.

6. Material Tambahan


Material tambahan terdiri dari kabel, kabel ducting, dop untuk dudukan tombol exit, dan isolasi.


Menentukan Posisi masing - masing bahan atau perangkat

Pada tahap ini kita harus lebih benar - benar memperhatikan letak - letak perangkat yang akan kita pasang. Selain bertujuan mengefektifkan kebutuhan material juga mengoptimalkan fungsi - fungsi perangkat. Sebaiknya antara tombol exit dan perangkat finger print dipasang bersebelahan timbal balik atau garis lurus dengan membuat lubang yang berdiameter sekuangnya 10mm untuk menyeberangkan dan mengkoneksikan antara kabel perangkat finger print dan tombol exit disisi bagian dinding masing masing.

  1. Pasang magnet dan braket yang berbentuk siku dibagian kusen dengan posisi kabel dibagian atas dan permukaan yang terlihat pada magnet ada garis - garis hitam di bagian depan membelakangi braket.
  2. Sedangkan di bagian pintu, pasang besi baja sejajar dengan magnet.
  3. Pasang Rangkaian batre didinding dalam ruangan dan diletak di bagian atas.
  4. Pasang perangkat finger print diluar ruangan di dinding bersebelahan dengan pintu dan letakkan di bagian tengah agar mudah di jangkau, tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi. Sebelum perangkat finger print di lengketkan ke dinding, buat lubang tembus ke bagian sisi dalam ruangan dan masukkan kabel yang terdapat di perangkat finger print ke lubang tersebut.
  5. Dibagian dalam sejajar dengan perangkat finger print dengan posisi menutupi lubang yang terhubung ke perangkat finger print bor kan dop untuk dudukan tombol exit dan lubangi bagian bawah dop untuk memasukkan kabel dari finger print.

Installasi Keseluruhan Perangkat Agar Sistem Akses Door Berfungsi

  • Pin 1 finger print (kabel merah), hubungkan ke terminal rangkaian backup batre pin 4 (+12v).
  • Pin 2 finger print (kabel hitam), hubungkan ke terminal rangkaian backup batre pin 3 (Ground).
  • Pin 5 finger print (kabel biru/NO 1) dan salah satu kabel dari tombol exit hubungkan ke terminal rangkaian backup batre (Pin PUSH).
  • Pin 7 finger print (kabel merah/COM 1), kabel dari tombol exit yang satunya lagi dan kabel hitam magnet lock, hubungkan ke terminal backup batre pin 3 (Ground). 
  • Terminal NC pada backup batre di hubungkan ke magnet lock kabel merah. 
  • Selanjutnya antara kabel merah dan kabel hitam magnet lock hubungkan dioda yang sudah ada di dalam kemasan perangkat finger print.
  • Terakhir, buatlah kabel lengkap dengan kepala cok untuk menghubungkan rangkaian backup batre ke sumber arus PLN, dari kaki AC terminal backup batre, dan masukkan setiap jalur kabel yang terlihat kedalam kabel duct, buat serapih mungkin.
Setelah tahapan - tahapan diatas diikuti sesuai dengan panduan, lakukan uji coba pada sistem.
Demikian tutorial Langkah demi Langkah: Cara Menginstal Pintu Akses dengan Benar. Silahkan tonton juga video tutorial praktek langsung, klik disini >>> video cara pasang akses door tahap demi tahap. Sampai jumpa di artikel berikutnya yaitu cara setting Finger Print, Card serta Password.

Post a Comment for "Langkah demi Langkah: Cara Menginstal Pintu Akses dengan Benar"