Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Mengukur Kaki Transistor


Transistor memiliki tiga buah kaki yang masing – masing memiliki inisial ataupun nama – nama yaitu Basis, Kolektor dan Emitor. Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba mengurai bagaimana cara untuk menentukan jenis – jenis kaki tersebut dengan menggunakan alat ukur yang di sebut Multitester.




  •   Atur skala multitester pada skala X1 atau X10
  • Hubungkan kabel/probe merah multitester ke salah satu kaki transistor, dan probe hitam ke kaki transistor lainnya secara bergantian dengan ketentuan probe merah tetap berada pada kaki yang acuan tersebut, jika kedua kaki yang terhubung secara bergantian oleh probe hitam menunjukkan jarum multitester bergerak maka sudah di pastikan kaki yang terhubung oleh probe merah adalah Basis dn transistor ini berjenis PNP.
  • Jika probe hitam yang dihubungkan ke kaki transistor lainnya dan jarum pada multitester ada yang tidak bergerak maka ganti ganti probe hitam menjadi acuan dan probe merah dihubungkan ke kaki – kaki transistor lainnya secara bergantian, jika jarum multi tester bergerak maka sudah dapat dipastikan jenis transistor tersebut adalah NPN dan kaki transistor yang menjadi acuan tersebut (yang terhubung probe hitam) adalah Basis.
  • Untuk mengetahui yang mana kaki Emitor dan kaki Kolektor biasanya terdapat perbedaan pada nilai tahanannya. Untuk Kolektor relatif memiliki nilai tahanan yang lebih besar sedikit dari pada tahanan kaki Emitor.
  • Jika langkah kedua dan ketiga diatas tidak sesuai dengan yang anda praktekkan berarti tranistor tersebut dalam kondisi rusak.


Post a Comment for "Mengukur Kaki Transistor"