Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Cara Pemasangan Kamera CCTV dengan Baik dan Benar

CCTV atau biasa dikatakan sebagai kamera pengaman atau pengintai yang sering di fungsikan oleh konsumen sebagai perangkat untuk merekam segala kejadian di sekitar lokasi yang dianggap penting untuk diawasi. Di era Teknologi Informasi ini, CCTV sudah menjadi sebuah perangkat yang sangat umum digunakan bahkan sudah menjadi salah satu kebutuhan sistem keamanan yang wajib dipasang di area - area yang luput dari pengawasan. Namun tidak setiap orang yang mampu untuk menginstalasi sebuah sistem pengawasan CCTV ini dengan baik dan benar.
Untuk itu, kami mencoba membagikan pengalaman yang sudah kami terapkan dilapangan sebagai referensi untuk anda, setidaknya untuk mengetahui bagaimana sistem CCTV itu bekerja.
Sebenarnya cara pemasangan kamera cctv ini beraneka ragam, tergantung dengan jenis dan tipenya, sebab jika di lihat secara jenisnya, ada berbagai macam jenis - jenis CCTV dintaranya; Kamera CCTV Analog, Kamera CCTV IP dan Kamera CCTV Digital. Dari berbagai jenis tersebut, bahan - bahan yang digunakan juga berbeda seperti untuk CCTV Analog menggunakan perekam jenis DVR, sedangkan CCTV IP atau yang sering disebut IP Cam menggunakan media penyimpanan NVR.
Berikut akan kami jelaskan bagaimana cara tahap demi tahap pemasangan pemasangan CCTV dengan baik dan Benar;

Survei Lokasi

Survei lokasi menjadi salah satu metode yang sangat penting sebab pada tahap ini apa - apa saja kebutuhan yang harus kita putuskan untuk menentukan bahan - bahan apa yang harus di beli dan bahan - bahan yang memang sangat dibutuhkan fungsinya. Kemudian untuk menghindari kelebihan - kelebihan bahan tertentu. Kita harus melakukan analisa lokasi agar kita dapat menentukan brp banyak kamera outdoor maupun indoor yg di butuhkan serta berapa panjang kabel yg perlukan dan petalatan apa saja yg harus kita persiapkan hingga kita dapat menghitung estimasi biaya yang akan di keluarkan.

Menentukan Kebutuhan Bahan

Setelah tahap survei lokasi sudah kita lakukan, selanjutnya kita sudah dapat memastikan mana bahan yang harus dibeli dan mana yang tidak. Adapun bahan yg kita butuhkan adalah sbb:

Kamera Analog Outdoor


Bahan - Bahan Utama; 

  • Camera CCTV outdoor/indoor; (Kamera berfungsi sebagai penangkap objek yang akan dikirim ke DVR)
  • Dvr; (Digital Video Recorder berfungsi sebagai perangkat yang merekam objek yang ditangkap oleh Kamera)
  • Hardisk; (Berfungsi sebagai media penyimpanan yang sudah di rekam di DVR)
  • Adaptor atau Power supply MDF; (Berfungsi memberikan tegangan agar Kamera dapat berfungsi)
  • Kabel RG59 + Kabel Power; (Berfungsi sebagai pengirim sinyal video dari Kamera ke DVR dan pengantar tegangan listrik dari Adaptor atau Power Supply ke Kamera)
  • Konektor BNC dan DC; (Berfungsi sebagai penyambung ujung Kabel RG59 ke Kamera dan DVR)
  • Monitor lengkap dengan kabel VGA atau HDMI; (Berfungsi sebagai penampil Video)

Bahan - Bahan / Material Pendukung;

  • Isolatif hitam,isolatif kertas,paku klaim secukupnya
  • Kabel Duck
  • Kabel listrik panjang secukupnya dan Cok listrk untuk Power supply
  • Besi Siku 90 derajat untuk tatakan Dvr
  • Spidol atau alat tulis

Sedangkan Peralatan - peralatan yg kita butuhkan adalah sbb;

  • Tangga
  • Bor Listrik
  • Palu
  • Tang biasa dan Tang potong
  • Cutter
  • Obeng positif dan negatif
  • Meteran.

Konektor BNC Drat


Konfigurasi dan Instalasi

Sebelum melakukan tahap ini, sebaiknya pastikan semua bahan yang terkait dengan CCTV seperti Kabel, Kamera, DVR, Hardisk serta Power Suplai berfungsi sebagaimana mestinya, kemudian ikuti langkah - langkah seperti yang kami tuliskan dibawah ini;
  1. Membuat mapping atau jalur,Ukur jarak antara letak kamera sampai ke DVR,setelah didapat berapa panjang yg dibutuhkan kemudian potong masing - masing kabel beri isolatif kertas pada ujungnya masing - masing dan beri tanda menggunakan spidol atau alat tulis
  2. Mengulur kabel, pasangkan kabel sesuai letak yg di inginkan apakah diletak diatas flapon atau di dinding,gunakan kabel duck atau paku klaim agar installasi kabel terlihat rapi
  3. Pasang konektor pada kedua ujung masing - masing kabel,untuk ujung kabel yg akan di hubungkan ke kamera,kita harus memasang dua buah konektor yaitu konektor BNC dan DC. Pada kabel cctv ada 2 jenis kabel yg lengket yaitu kabel utk video dan kabel utk power supply.untuk penjelasan mengenai bagaimana cara pemasangannya,kita sudah membagikannya melalui channel youtube Teknisi Tembung.
  4. Pasang kamera CCTV di tiap - tiap titik yg telah di tentukan dengan menggunakan bor bila di butuhkan dan hubungkan masing - masing konektor yang ada di kamera ke konektor yg di pasang di kabel
  5. Pasang hardisk kedalam DVR,dengan mengkoneksikanya menggunakan kabel sata dan kabel power yg sdh disediakan,perhatikan dengan baik lubang kabel tersebut karena kesalahan pemasangan dapat menyebabkan kerusakan perangkat dan setelah pemasangan,tutup kembali cashing dvr tersebut
  6. Hubungkan kabel power atau kabel yg berwarna hitam dan merah yg lekat bersama kabel kamera kebagian power supply mdf dengan ketentuan kabel hitam ke bagian (V-) sedangkan kabel merah kebagian terminal (V+) power supply dan pasangkan kabel yg telah di pasang stopkontak kebagian terminal yg ada pada power supply yaitu terminal dengan lambang L dan N, hubungkan  konektor BNC ke bagian belakang DVR, hubungkan juga kabel VGA/HDMI monitor ke DVR selanjutnya hidupkan dvr dengan menghubungkan adaptor dvr ke sumber arus listrik dan jangan lupa hubungkan juga stop kontak power supply mdf ke arus listrik.

Pengujian

Setelah langkah - langkah pada Konfiguasi dan Instalasi telah selesai dilakukan selanjutnya lakukan pengujian dengan melihat kelayar monitor apakah semua kamera yang terpasang sudah berhasil menangkap gambar atau video kemudian buka pengaturan pada DVR dan periksa pada bagian penyimpanan apakah Hardisk sudah terdeteksi selanjutnya tunggu beberapa saat, kemudian buka pada pengaturan Playback untuk melihat hasil rekaman 
Nah mudah bukan? Kini anda sudah dapat melakukan pemasangan kamera cctv sendiri di rumah. Demikian artikel tentang Cara Pemasangan Kamera CCTV dengan Baik dan Benar. Semoga Bermanfaat.


Tampilan Layar Monitor


Post a Comment for "Cara Pemasangan Kamera CCTV dengan Baik dan Benar"