Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Mengatasi Permasalahan Kipas Angin

Kipas angin merupakan sebuah perangkat elektronik yang sering kita temukan hampir di setiap rumah tangga. Kipas angin juga digunakan sebagai perangkat yang dapat membantu mendinginkan suhu ruangan sebab pada dasarnya kipas bekerja menghembuskan angin yang bersumber dari putaran baling - baling yang berasal dari putaran dinamo. Kencang atau lambatnya putaran baling - baling ditentukan oleh sedikit atau banyaknya jumlah gulungan kawat tembaga pada dinamo tersebut.
Terkadang sering kita temukan beberapa masalah terkait dengan kipas angin misalnya kipas hidup tetapi putaran sangan lambat sehingga efek angin yang dihembuskan oleh putaran baling - baling tersebut sangat kecil. Kadang ada juga kipas berputar normal tetapi kipas tersebut mengeluarkan suara berdengung, kemudian ada juga setelah switch rotary kita hidupkan tetapi kipas baru bisa berputar dengan bantuan kita memutar baling - balingnya terlebih dahulu atau kipas akan dapat bekerja setelah kita menunggu beberapa saat.
Jika hal seperti ini kita temukan tentu akan menambah kerepotan. Dari beberapa masalah - masalah yang kita urai diatas, pada artikel yang kami bagi ini kita akan memberikan beberapa solusi sebagai acuan awal untuk anda agar dapat mengatasi sebelum kita membawanya ke tukang servis.
Sebaiknya persiapkan alat ukur multi tester untuk mempermudah dalam pengecekkan jalur serta alat pendukung lainnya seperti obek, tang, solder serta timah solder.

Kipas Angin Tidak Berputar
  1. lepaskan kepala cok yang terhubung ke stop kontak kemudian gunakan multi tester dengan arah skala switch menuju X1 ohm, tempelkan kedua ujung probe masing - masing ke kedua pin cok tersebut, apabila jarum tidak bergerak berarti ada tiga komponen utama kipas mengalami masalah yaitu gulungan kawat tembaga kemungkinan putus ditengah. Selanjutnya ada indikasi kerusakan pada kapasitor serta kuningan yang terdapat pada switch selector sudah dalam keadaan aus.
  2. Buka baut kipas dengan posisi kipas ditidurakan atau di miringkan periksa kabel power dengan menggunakan multitester, jika ada salah satu kabel putus atau tidak tersambung, sambung atau solder ulang kabel tersebut namun jika kondisi kabel saudah tidak layak,  sebaiknya kabel harus diganti.
  3. periksa saklar/switch dgn menggunakan multitester.caranya: tempelkan kabel multitester pertama keujung saklar dan kabel yang kedua pada switch pertama,sebanyak saklar ada secara bergantian sampai kondisinya dipastikan tersambung sempurna.jarum pada multitester bergerak kekanan,berarti normal.jika jarum tidak bergerak,berarti saklar rusak,gantilah saklar tersebut.
  4. jika kipas anda menggunakan timer,pastikan timer dalam kondisi normal dengan cara menempelkan kedua ujung timer pada masing-masing ujung kabel multitester.apabila jarum bergerak kekanan,berarti kondisi timer dalam keadaan baik.
  5. jika anda sudah memeriksa kabel power,saklar dan timer,tetapi kipas masih belum berputar,periksa dinamo kipasnya.
  6. jika dinamo tidak bergetar atau berdengung, bongkar bagian spul dinamo, periksa ada tanda terbakar atau tidak.jika terbakar,gantilah dinamo tersebut.jika tidak terbakar,kemungkinan terbesar thermofuse yg terpasang pada sela-sela gulungan spool dinamo putus.cara mengatasinya,thermofuse dilepas atau dipotong lalu sambungkan antara kedua potong tersebut atau ganti thermofuse yang baru.
Kipas Angin

Gambar Oleh pngdownload.id

Kipas Angin Berputar Pelan
  1. lepaskan kabel power dari stop kontak,lepas komponen bagian atas kipas,mulai dari bodi,kunci baling-baling dan baling-baling kipas.
  2. periksa bagian boost as yang berongga,perludiganti atau hanya perlu dibongkar,kemudian bersihkan dan olesi pelumas pada boost as.
  3. jika dengan langkah diatas kipas masih berputar pelan,periksa gulungan dinamonya,jika hasil tegangan kumparan dinamo sudah melemah, anda harus mengganti atau menggulung ulang dinamo tersebut.
Suara Kipas Angin Berisik
  1. baling-baling kipas berputar tidak seimbang;periksa keseimbangan putaran kipas.
  2. baut pengikat kipas terhadap poros kendor;periksa baut pengikat dan kencangkan.
  3. rumah kipas kendor atau bersinggungsn dgn baling-baling kipas;periksa dan betulkan posisinya.
  4. bongkar semua yang berhubungan dgn baling-baling,bersihkan,kemudian pasang ulang dengan benar.

Post a Comment for "Mengatasi Permasalahan Kipas Angin"