Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Setting Mikrotik Standard

Postingan kali ini kami akan membahas singkat dari sebagian istilah - istilah yang sering kita temui pada Mikrotik ;

Logo Mikrotik
Gambar oleh pngdownload.id


  • PPP (Point to Point Protocol)

PPP (Point-to-Point Protocol) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). ... Hal ini digunakan terutama dengan layanan DSL di mana pengguna individu terhubung ke modem DSL over Ethernet dan di dataran jaringan Ethernet Metro

  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Secara umum terbagi menjadi dua bagian yaitu DHCP Server dan DHCP Client. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan service yang memungkinkan perangkat dapat mendistribusikan/assign IP Address secara otomatis pada host dalam sebuah jaringan. Cara kerjanya, DHCP Server akan memberikan response terhadap request yang dikirimkan oleh DHCP Client.

  • Advanced - tools
Advanced - tools, memuat fitur e-mail client, ping, netwatch,traceroute, bandwidth tester, traffic monitoring, MRTG, dan utility yang lain yang sering diperlukan untuk mengetahui kondisi router maupun jaringan.
Fitur Netwatch merupakan salah satu fitur yang memungkinkan mikrotik menjadi lebih pintar dan dapat memilih konfigurasi berdasarkan script (urutan perintah) sesuai kondisi jaringan.
  • Arlan
Arlan merupakan dukungan mikrotik  untuk penggunaan Card ISA arlan 655 Wireless Interface agar dapat secara transparan berkomunikasi dengan lawannya.
  • GPS
Global Positioning System adalah teknologi untuk menentukan kordinat lokasi. GPS bekerja mentransmisi sinyal dari satelit ke perangkat yang sudah memiliki fitur GPS dan atau GPS receiver yang biasa dikenal dengan NTP yaitu Network Time Protocol.
  • Hotspot
Hotspot merupakan sebuah system pada Mikrotik yang dapat melayani akses jaringan di publik area, dengan menggunakan media kabel maupun wireless hotspot yang menggunakan autentikasi yang tujuannya menjada jaringan yang bersifat publik yang menggunakan protokol HTTP/HTTPS yang dapat diakses oleh semua web browser.
  • ISDN
Integrated Services Digital Network adalah suatu System telekomunikasi dimana layanan antara Data, Suara dan Gambar diintegrasikan kedalam suatu jaringan yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruatu ruang lingkup pelayanan yang luas. Para pengguna ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya.
  • LCD
digunakan untuk menampilkan informasi kondisi sistem mikrotik melalui layer mini yang tersambung ke paralel ataupun USB.
  • NTP
NTP atau Network Time Protokol digunakan untuk menyelaraskan sisrem waktu komputer dalam jaringan.

  • UPS
ini adalah sebuah fitur dimana fungsinya untuk memudahkan seorang administrator Network untuk memonitor dan mengamankan router dari kerusakan akibat gangguan catudaya.
untuk melakukan pengamanan tersebut router akan selalu memonitor kondisi batre UPS saat catu daya utama tidak tersedia. jika kondisi batre UPS dibawah 10% maka fitur ini memerintahkan router untuk kondisi hibernate dan untuk kembali aktif saat catu daya utama kembali.
  • Mikrotik Web Proxy
Web proxy merupakan sebuah fitur yang menghubungkan antara client dan server, sehingga client tidak dapat berhubungan langsung dengan server - server yang ada di internet. secara umum web proxy berfungsi sebagai caching, filtering dan sharing koneksi server.


Seting Mikrotik standard
Ketik pada awal mikrotik untuk mengetahui lancard yang terditek interface print
Menganti Password
password
old password
new password=benk
rewrite password=benk
atau
/user set admin password=********
Memberi nama Mikrotik
system identity set name=Benk
Memberi nama landcard
interface set ether1 name=speedy/public/modem
interface set ether2 name=LAN/Local
atau
/interface set 0 name=speedy
/interface set 1 name=LAN
atau
/interface set ether1 name=speedy
/interface set ether2 name=LAN
SETING UNTUK MASING2 ETHERNET CARD
ip addres add address=192.168.1.2/24 netmask 255.255.255.0 interface=ether1/speedy/modem/public
ip addres add address=192.168.0.1/24 netmask 255.255.255.0 interface=ether2/LAN/Local
Menambahkan Routing
ip route add gateway=192.168.1.1  atau gateway dari pppoe speedy cth:125.163.255.1
Seting DNS
ip dns set primary-dns=202.134.1.10    allow-remote-requests=yes atau no
ip dns set secondary-dns=202.134.0.155 allow-remote-requests=yes
Membuat NAT (Network Address Translation) agar semua komputer yang ada pada LAN bisa terhubung internet
/ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1/speedy/modem/public
atau
/ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade

Post a Comment for "Setting Mikrotik Standard"