Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Perbaikan Setrika Listrik

Setrika Listrik
Gambar Oleh pngdownload.id


Lampu Indikator Setrika Listrik Tidak Nyala
        Lampu Indikator setrika listrik tidak nyala ada 2 indikasi, yaitu kabel power putus atau lepas dan lampu indikator setrika lepas atau putus,untuk memperbaiki masalah ini,ikuti cara berikut:
lepaskan kabel power atau kabel penghubung dari stop kontak.pastikan kabel tidak putus dan masih bisa digunakan.lepaskan penutup bagian belakang dan perhatikan kabel penghubung dan lampu indikatornya.jika kabel penghubung atau lampu indikatornya lepas,pasang kembali.jika lampu dan kabel terpasang sempurna,periksa bagian-bagian berikut:
- periksa resistor atau tahanan yang melekat di lampu indikator jika ada.
- periksa nilai resistor dgn multitester,biasanya resistor lemah atau rusak dapat mengakibatkan indikator lampu setrika mati.
- jika resistor normal,periksa lampu indikator.biasanya lampu indikator mati ditandai dgn warna hitam atau bohlamdalam lampu putus.
Periksa lampu jika terlihat hitam dan filamen putus,ganti dgn lampu indikator yang baru.

Pengatur panas setrika listrik tidak jalan
           Pengatur panas tidak jalan biasanya akibat pemakaian tidak mematuhi petunjuk pemakaianya atau karena setrika tersebut pernah jatuh atau terbentur benda keras lainya (sehingga susunan mekanis thermostat ada yg berubah).utk memperbaiki masalah ini,ikuti langkah- langkah berikut:
lepaskan kabel power dari stop kontak,penutup bagian belakang,tongkai pemegang,dan penutup tongkai,lepaskan casing penutup.
periksa platina otomatis untuk mengetahui kondisi putar On-Off masih dalam keadaan bagus atau tidak,bersihkan kontak platina dengan kertas ampelas atau kertas gosok.kemudian coba atur setelan platina dengan menggunakan obeng minus yang kecil.
jika strikaanda memiliki thermostat yg menghubungkan elemen dgn platina otomatis,periksalah masih tersambung atau tidakdgn menggunakan multitester.jika putus segera ganti dgn yang baru.
Setrika nyala,tetapi tidak menghasilkan panas
lepaskan kabel power dari stop kontak,lepaskan semua casing,periksa platina otomatis untuk mengetahui kondisi putar On-Off masih dalam keadaan bagus atau tidak,jika rusak segera diganti.
periksa thermostat dgn menggunakan multitester,masih tersambung dgn sempurna atau tidak,pastikan thermostat berfungsi.
hal terakhir adalah elemen pemanasnya,periksa dengan multitester,jika rusak segera ganti.

Badan setrika bertegangan listrik
           Seringkali setrika yg berumur tua,jika dipegang badanya,terasa bertegangan listrik.selain umur,setrika yg habis terjatuh atau pemakaian yg terlalu lama dapat menimbulkan masalah ini.untuk mangatasi masalah badan setrika bertegangan
lepaskan kabel dari stop kontak,lepas penutup bagian setrika.
periksa kabel penghubung,jika kabel rusak atau serabutnya ada yang lepas,segera ganti dengan kabel yg baru.
lepas semua casing bagian luar,periksa thermostatnya.mekanik thermostat yg rusak dapat mengakibatkan kebocoran arus.
periksa elemen pemanas,tambal kerusakan isolasinya dengan gips atau ganti dgn yang baru,periksa juga satu-persatu komponen lain yg berhubungan dgn aliran listrik dgn menggunakan multitester atau tespen.
Setrika Mati Total
periksa kabel power,jika kabel dlm kondisi baik,langkah selanjutnya adalah membongkar bodi setrika dan periksa elemen pemanas dengan menggunakanmultitester.tempelkan ujung pertama elemen pemanas pada kabel multitester warna merah,warna hitam ditempel pada ujung elemen pemanas yg lain.apabila jarum multitester tidak bergerak,berarti elemen pemanas tersebut mati atau tidak berfungsi.
lepaskan elemen pemanas tersebut,ganti dengan elemen yg baru dengan menyesuaikan spesifikasi elemen sebelumnya.

Merawat Setrika Listrik
lakukan perawatan rutin bagian setrika listrik,terutama bagian alas setrika,jika selesai digunakan  utk menyetrika pakaian,bersihkan dengan lap yg sudah dibasahi dengan bensin/thiner.jika sudah terlampau keras dan tebal,bersihkan dengan sekrap tipis,atau pada waktu plat dasar masih panas,olesi dengan lilin kemudian gosok dgn kain lap yg bersih.
hindari menyetrika pada bagian kancing dan resleting,agar plat dasar tetap baik.
bagian lain yang harus dipelihara adalah kabel penghubung,terminal,dan tusuk kontak.
perhatikan ketika memakai setrika,posisi kabel power jangan sampai dalam keadaan memutar atau melintir,jika terjadi segera diluruskan.
untuk pemakaian biasa sebaiknya pemutar stelan platina otomatis tidak diputar sampai maksimal,cukup digunakan setengah saja.
untuk meletakkan setrika sebaiknya letakkan agak ketengah agar tidak mudah terjatuh atau gunakan tempat menaruh setrika.

3 comments for "Perbaikan Setrika Listrik"