Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Mengatasi Seputar Permasalahan Komputer

Komputer Selalu Restart

Kali ini kami mencoba untuk share tentang permasalahan seputar Komputer sesuai dengan pengalaman yang pernah kami alami. langsung aja ya.... ketika komputer baru dihidupkan, lagi asyik mengotak atik aplikasi tiba tiba komputer mati dan begitu seterusnya dalam artian tidak dapat standby mencapai waktu 2 jam atau lebih, siapapun user yang mengalami hal ini pasti akan merasa kesal. tapi jangan sampai putus asa ya......?????

Sumber:Me

    Sebenarnya banyak kemungkinan penyebab terjadinya hal semacam ini. menurut pengalaman masing masing lah.. tetapi pada dasarnya tegangan yang masuk ke rangkaian pada Motherboard melalui Power Supply tidak sesuai dengan keinginan Motherboard tersebut. Tegangan yang masuk melalui Power Suply Kemungkinan selalu berubah ubah, jika pada CPU anda banyak terdapat kipas tambahan, sebaiknya janganlah di pasang dahulu biarkan saja kipas utama (Kipas diatas Processor) yang terpasang usahakan letak CPU berada di tempat yang terbuka agar sirkulasi panas didalam CPU tidak berkumpul, kami saranin gunakan Cashing yang memiliki lubang sirkulasi udara, yang paling utama gunakan Stabilizer yang memiliki daya diatas Power Supply Komputer. Kemungkinan lain bisa disebabkan kipas Processor yang sudah lemah, tetapi bila sudah diganti dengan yang baru, masalah masih terjadi coba ikuti saran kami diatas.



Komputer sering Hang dan tidak dapat booting


        Gejala kerusakan komputer adalah PC sering mengalami hang secara tiba- tiba, dengan ciri - ciri icon mouse yang tampil di layar tidak dapat di gerakkan atau mouse seperti tidak bekerja saat kita akan membuka atau menutup sebuah aplikasi di layar yang seolah - olah mouse tidak bekerja. Ini terlihat dari awal ciri komputer tersebut mengalami kinerja PC yang lambat. Hal ini juga dapat disebabkan karena cache memory yang mulai penuh atau mungkin bisa di sebabkan banyaknya file temporary dan setting kapasitas memory yang tidak benar. Gejala selanjutnya dapat dilihat dengan ciri loading aplikasi semakin lambat, cobalah hapus file file yang tidak perlu atau kurangi aplikasi yang digunakan untuk pengolahan image. Proses akses data pun juga lambat. Setiap Motherboard sudah ada pasangan memorynya yang kompatible yang sudah di rancang pabrik pembuat Motherboard tersebut.

            Ketika PC anda tidak dapat melakukan booting karena sebelumnya PC sudah terlalu sering hang ini disebabkan karena kecepatan akses data oleh memory tidak sebanding dengan kinerja prosessor, prosessor akan terasa dingin karena rangkaian regulator tidak bekerja dengan baik, periksalah setting jumper manual atau setup frekuensi dan pastikan prosessor tidak dalam keadaan rusak, gunakan card detektor untuk memeriksa motherboard, kemudian periksa tegangan 3,3 V.

       Jika Motherboard Blank, gejala yang akan ditampilkan adalah bios tidak dapat mengenali periperhal yang ada pada Motherboard ini berdampak pada suhu Pc yang terasa mudah panas dan dapat mengakibatkan mati secara tiba - tiba. Coba ganti memory dengan memory yang lain karena tidak semua PC dapat menggunakan memory yang berbeda. Dial PC overlock dikembalikan ke kecepatan semula karena akan cepat panas atau bersihkan hardisk dengan anti virus ternama.


            Jika anda menginginkan kinerja komputer anda selalu prima, seperti baru diinstall ulang. ada baiknya lakukanlah perawatan yang rutin minimal 1 bulan sekali membersihan Motherboard, itupun jika anda termasuk user yang aktif menggunakan komputer,namun jika hanya sesekali tidak harus sebulan sekali. lepaskan Memory, Kabel Sata/ATA, Kabel yang terhubung ke Power Supply. Gunakan kuas cat untuk membersihkan debu, dan untuk kaki memory gunakanlah penghapus pensil, bersihkan juga debu yang melekat pada kipas Processor dengan melepas kipas tersebut terlebih dahulu. jika anda sudah merasa cukup untuk membersihkanya, pasang kembali komponen (Power Supply, Hardisk, Memory, DVD/CD Player, Kabel yang terhubung ke chasing) dengan menyesuaikan letak slot masing masing.install aplikasi sesuai dengan kapasitas Processor, Memory dan Hardisk agar komputer tidak berjalan lambat.

Post a Comment for "Mengatasi Seputar Permasalahan Komputer"