Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Memperbaiki Magic Kom

Lampu indikator Magic Com tidak nyala
lepaskan kabel power atau kabel penghubung dari stop kontak,pastikan kabel dalam kondisi baik,buka penutup atas magic com lalu angkat panci tempat nasi.lepaskan pelapis dua bagian bawah,lalu periksa lampu indikatornya,jika putus/lepas segera pasang kembali.
jika lampu berwarna hitam,berarti lampu putus,selain memeriksa lampu,periksa pula papan panelnya.seringkali kapasitor,resistor dan komponen lainya terbakar,jika ada komponen yang terbakar,lepas komponen tersebut dan ganti dgn yg baru.




Otomatis Magic Com tidak jalan
untuk memeriksa otomatis masih berfungsi atau tidak,pastikan kabel power dalam kondisi on dan tutuplah magic com dgn rapat,tunggu hingga 15 menit.lihatlah lampu indikator warm apabila mati dalam beberapa saat kemudian nyala lagi,artinya otomatis magic com masih bagus,jika tidak mati dan nyala terus,otomatis magic com tidak berfungsi dan perlu diganti.untuk memperbaiki masalah ini,ikuti langkah- langkah berikut:
lepaskan kabel power dari stop kontak dan buka penutup atas magic com,angkat panci tempat nasi,lepaskan pelapis dua bagian bawah.
lepaskan pengait yg ada pada badan magic com,periksa platina otomatis utk mengetahui kondisi saklar On-Off dlm keadaan baik atau tidak,bersihkan kontak platina dengan kertas ampelas atau kertas gosok,kemudian coba atur stelan platinanya.
jika terdapat thermostat yg menghubungkan elemen dgn platina otomatis,periksalah dgn multitester masih tersambung atau tidak.

Magic Com tidak Menghasilkan Panas
pastikan kabel power dalam keadaan baik,buka penutup atas dan angakat panci nasi dan lepaskan semua casing bodi.
periksa pengatur panas magic com yg dilengkapi dgn pengatur/pembatas panas dari bimetal .kerusakan bimetal dapat menyebabkan magic com tidak panas atau terlalu panas.untuk mengatasi,bimetal harus diperiksa dan di set ulang atau diperbaiki.
jika pengatur panas masih normal,periksa elemen pemanas dgn menggunakan multitester.kerusakan pada elemen pemanas biasanya disebabkan oleh tegangan,yaitu teg 110V.teg 110V dipakai pada teg 220V.penyebab lainya adalah karena kurangnya pemeliharaan.bagian elemen atau bagian dasar magic com berkarat,sehingga pelindung elemen rusak (putus atau terhubung singkat).
untuk memeriksa elemen,tempelkan ujung elemen pada kabel multitester warna merah,sedangkan kabel hitam multitester dihubungkan pada elemen pemanas lainya.apabila jarum multitester tidak bergerak,berarti elemen pemanas tersebut tidak berfungsi,lepas elemen tersebut dan ganti dengan elemen yg baru dan sesuaikan dengan spesifikasi yang lama.

1 comment for "Memperbaiki Magic Kom"

  1. gambar elemen pemanas magic com ada gan? kurang paham yang mana elemen nya. thanx info nya gan.

    ReplyDelete