Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Selamat Datang Di Blog Artikel Kita, Semoga Bermanfaat.....

Perbaikan Mouse

Mouse merupakan hardware yang sangat penting perannya dalam sebuah Personal Komputer, sebab fungsinya yang begitu sangat dibutuhkan bagi pengguna agar Komputer dapat berjalan sesuai kebutuhan. Di dalam sebuah sistem operasi yang di install di komputer, mouse adalah sebuah kursor yang dapat di gerakkan untuk memilih, membuka aplikasi maupun sebuah file. Lain hal jika di notebook atau laptop, hardware mouse digantikan sebuah perangkat yang di sebut touchpad. Sebagai sebuah perangkat, mouse juga rentan mengalami kerusakan yang dapat terjadi di sebabkan hardware mouse itu sendiri, lubang usb sebagai tempat mouse untuk di hubungkan ke cpu maupun akibat serangan virus yang dapat menghapus file driver mouse, terlebih jika driver mouse tidak cocok. walaupun kadang driver lain dapat digunakan, tetapi jalanya kursor mouse tidak akan normal.

Mose PC
Gambar oleh Hebi B dari Pixabay


Solusi :
Gunakanlah driver untk semua jenis mouse dengan cara : 
  1. Masukan master windows yang digunakan ke CD-Room 
  2. Tekan Alt + S untuk memunculkan Start, ambil setting, tekan anak panah keyboard ke kanan untuk memunculkan sub menu    yang lain. 
  3. Ambil pilihan control panel - enter. 
  4. Pada pilihan yg ada pada control panel, anda dapat memilih pilihan mouse, lalu enter. 
  5. Dari jendela properties, tekan Tab beberapa kali untuk memindahkanpilihan pada menu general dengan bantuan tambahan menekan anak panah ke kanan. 
  6. Dari menu General akan terlihat jenis driver yang digunakan.jika driver yang dilihat adalah "*/ue", berarti harddisk anda terinfeksi virus hingga mengakibatkan mouse tersebut rusak, sebaiknya harddisk anda diinstall ulang. jika yang terlihat adalah "Standard serial mouse" atau "standard PS/2 mouse" berarti kerusakan pada mouse anda bukan driver. jika driver yang digunakan bukan dari kedua driver diatas, anda dapat melakukan perubahan dengan menekan piihan change lalu enter. 
  7. Dari hasil - hasil konfirmasi yang menjadi pilihan anda, tekan kembali tombol Tab untuk memilih pilihan ok, agar perubahan yang dilakukan dapat disetujui. 
  8. Terakhir pada jendela system setting change, enter (yes) untuk merestart kembali komputer anda sesudah perubahan yang baru yang dilakukan, tekan enter dan tunggu beberapa saat hingga windows aktif kembali.
Ciri kerusakan diatas dapat di analisa dengan melihat lampu indikator pada fisik mouse tersebut apakah menyala atau tidak, namun jika tidak menyala pastikan terlebih dahulu apakah kabel usb pada mouse sudah di tancapkan dengan benar ke laptop atau komputer, jika ternyata semua sudah dilakukan dengan benar namun lampu indikator pada mouse tidak menyala dan lubang konektor usb pada laptop atau komputer sudah di pastikan baik, dapat dipastikan kerusakan ada pada fisik mouse tersebut. Anda dapat mencobanya dengan membuka cashing mouse dan menambah timah solder pada papan pcb yang terhubung ke kabel usb mouse yang terdapat didalam fisik mouse atau mengganti kabel usb tersebut.

1 comment for "Perbaikan Mouse"